“Apa sih yang kalian ketahui tentang Jejaring Sosial atau Social Network?” pastinya tidak lepas dari kehidupan sehari-hari yang kita jalani dan sedang maraknya dimasyarakat secara mendunia, tidak luput dari hal itu tidak hanya kalangan perkotaan saja bahkan Jejaring Sosial pun sudah tidak asing lagi di daerah perdesaan dengan syarat kecanggihan di jaman global ini.. beberapa contoh Sosial Network yang ada seperti Facebook, Twitter, Friendster, Youtube, MySpace, Flickr dan sebagainya..
Yang dimaksud dengan Jejaring Sosial ialah suatu sistem relasi penghubung yang menghubungkan kepada kepentingan masyarakat untuk bisa menghasilkan Komunikasi, Berbagi, ide, berteman yang dibentuk dari simpul simpul yang umumnya adalah individu atau organisasi.
Sejarah Jejaring Sosial :
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook
refrensi sejarah: http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_jejaring_sosial
Kelebihan
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon.Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
Kelemahan
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
Manfaat dan Kerugian Jejaring Sosial
Manfaatnya:
1. Dalam efisiensi biaya begitu murah untuk mendapatkan informasi serta komunikasi yang lebih efisien
2. Memudahkan dalam Berkomunikasi
3. Memudahkan kita untuk berbagi atau Mendapatkan informasi seperti Iklan, Berita dan hiburan
4. Mendekatkan jarak dan waktu secara bersamaan dalam mendapatkan informasi
Kerugiannya:
1. Dapat Menimbulkan Ketergantungan ("kalo tidak berjejaring sosial = serasa putus dengan dunia luar")
2. Bisa saja pengguna salah dalam penggunaan seperti penyelewengan kebebasan hak privasi, pornografi, dan gosip infotainment
3. Menjadikan dunia maya tersebut didominasikan selayaknya dunia nyata
FACEBOOK
Siapa yang tidak kenal dengan jejaring canggih dan lagi tren di abad ini, yah facebook namanya, tidak hanya kalangan muda saja, banyak sekali orang-orang yang terpikat dengan kualitas jejaring sosial yang bisa dikatakan lengkap ini digemari semua kalangan di seluruh dunia. Keunggulan facebook dalam pengolahan data sangat maksimal dibandingkan sosial network yang lain seperti upload, download, video, pesan, game dan lainnya semua terdapat di facebook.
SEJARAH FACEBOOK
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Detail
Manfaat dan Kerugian Jejaring Sosial
Manfaatnya:
1. Dalam efisiensi biaya begitu murah untuk mendapatkan informasi serta komunikasi yang lebih efisien
2. Memudahkan dalam Berkomunikasi
3. Memudahkan kita untuk berbagi atau Mendapatkan informasi seperti Iklan, Berita dan hiburan
4. Mendekatkan jarak dan waktu secara bersamaan dalam mendapatkan informasi
Kerugiannya:
1. Dapat Menimbulkan Ketergantungan ("kalo tidak berjejaring sosial = serasa putus dengan dunia luar")
2. Bisa saja pengguna salah dalam penggunaan seperti penyelewengan kebebasan hak privasi, pornografi, dan gosip infotainment
3. Menjadikan dunia maya tersebut didominasikan selayaknya dunia nyata
Siapa yang tidak kenal dengan jejaring canggih dan lagi tren di abad ini, yah facebook namanya, tidak hanya kalangan muda saja, banyak sekali orang-orang yang terpikat dengan kualitas jejaring sosial yang bisa dikatakan lengkap ini digemari semua kalangan di seluruh dunia. Keunggulan facebook dalam pengolahan data sangat maksimal dibandingkan sosial network yang lain seperti upload, download, video, pesan, game dan lainnya semua terdapat di facebook.
SEJARAH FACEBOOK
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Detail
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
*detail sejarah facebook : wikipedia.
KONSEP YANG DIGUNAKAN FACEBOOK
Facebook memiliki konsep dengan Lambang F berwarna putih dan segiempat berwarna biru, diartikan dengan warna putih dengan makna keterbukaan,kebebasan, dengan warna biru diartikan sosialisasi, Mark Zuckerberg yang menciptakan Facebook ini memberikan konsep tersebut dengan tujuan menciptakan dunia yang lebih terbuka. yang memiliki wall seperti 'muka buku' halaman pada buku, namu secara roll, dengan TimeLine Beranda yang dilengkapi status yang dibawahi atas 'komentar' dan 'menyukai'.
KONSEP YANG DIGUNAKAN FACEBOOK
Facebook memiliki konsep dengan Lambang F berwarna putih dan segiempat berwarna biru, diartikan dengan warna putih dengan makna keterbukaan,kebebasan, dengan warna biru diartikan sosialisasi, Mark Zuckerberg yang menciptakan Facebook ini memberikan konsep tersebut dengan tujuan menciptakan dunia yang lebih terbuka. yang memiliki wall seperti 'muka buku' halaman pada buku, namu secara roll, dengan TimeLine Beranda yang dilengkapi status yang dibawahi atas 'komentar' dan 'menyukai'.
TWITTER
"Follow me!! Follow me!!, following dan followers" tahukah kalian istilah apa yang begitu kental dengan kata tersebut? ya Twitter namanya.. Jejaring sosial ini baru baru ini muncul setelah Facebook, twitter dikemas dengan begitu se simple mungkin untuk pengguna baru yang ingin eksis dalam dunia jejaring sosial tersebut. kata-kata yang terdapat pada twitter begitu singkat, yang memberi kesan dan tujuan seolah seperti pesan burung saja oleh para tweet, keunggulan twitter ialah kita bisa tahu siapa saja yang mengikuti kita dari kapan dan sejak pertama kali yang menfollow kita, dengan sistem ini kita bisa tahu siapa yang begitu eksis hingga diikuti hingga berjuta-juta pengikutnya, seperti selebritis, tokoh penting, tokoh politik dan lain-lain..
SEJARAH TWITTER:
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.
apa keterkaitan dari semua jejaring social tersebut di atas....?
BalasHapus